Minggu, 29 September 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG WEBSITE DESA BANJURPASAR KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

Memetri Bumi Desa Banjurpasar Tahun 2022

Memetri Bumi Desa Banjurpasar Tahun 2022

       Desa Banjurpasar Kembali Mengadakan Memetri bumi sebagai agenda rutin tahunan.Tentunya tidak terlepas dari kebudayaan desa dari orang terdahulu pendiri desa Banjurpasar,disetiap tahunya.

       Selain wayangan semalam suntuk, juga penyembelihan kerbau untuk sedekah bumi.Untuk wayangan dijadikan dua tempat untuk siang dibalekambang (pasar banjur ) sedangkan untuk malam hari dipendopo Kelurahan( (rumah kepala Desa.

      Acara yang diadakn pada tanggal 24 agustus 2022 menghadirkan dalang dari Grabag Purworejo Ki Dalang Sunarpo Guno Prayitno menggantikan sang ayah Basuki Hendro Prayitno yang sudah sepuh.Malam itu mengambil lakon Bagong Mbangun Deso.

      Anggaran yang digunakan dalam acara tersebut untuk anggaran wayang diambil dari Pendapatan Asli daerah hasil penjualan tanah kas Desa yang dilelang.sedangkan untuk pembelian kerbau diambilkan dari iuran Masyarakat khususnya masyarakat yang tinggal diwilayah pedukuhan Jurtengah,sitiadi dan kliwonan.

     Walaupun malam itu ada tiga pertunjukan wayang dengan agenda yang sama yang sama memetri bumi yaitu Desa Kenoyo jayan ,desa Buluspesantren,serta Desa Banjurpasar namun terlihat parkiran yang penuh dan penonton cukup padat ini tentu menggambarkan warga yang haus akan hiburan yang bermutu yang bukan sekedar tontonan namun mengandung tuntunan.

      Disamping itu juga menambah berkah bagi para pedagang karena tentu menambah penghasilan, mereka juga mengais keuntungan pada moment acara memetri bumi.

       Hadir dalam acara tersebut camat Buluspesantren Sugito Edi Prayitno,S.IP,Kepala Desa se Kecamatan Buluspesantyren ,Tokoh Masyarakat juga Anggota Dewan Ratna Yulianti Purwanto S.H.

       Ada yang membahagiakan warga yang merantau juga ikut hadir menyumbang materi yang ditransfer melalui rekenig desa untuk acara memetri bumi ini.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter