Minggu, 29 September 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG WEBSITE DESA BANJURPASAR KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

Budaya Memetri Bumi, Wayangan dan Memotong kerbau di Desa Banjurpasar Tahun 2023

Budaya Memetri Bumi, Wayangan dan Memotong kerbau di Desa Banjurpasar Tahun 2023

           Acara Rutin memetri Bumi desa Banjurpasar sudah ada sejak desa Banjurpasar Berdiri.Untuk itu tahun 2023 kembali Desa Banjurpasar mengadakan Memetri Bumi dilaksanakan kemari Hari Senin tanggal 24 Juli 2023,Acara ini dimulai dengan Penyembelihan kerbau dan Kambing kendit.

         Untuk acara Penyembelihan Kerbau dilaksanakan hari Minggu kemarin tanggal 23 Juli 2023 pagi sehari sebelum Pelaksanaan Memetri Bumi.

Adapun penyembelihan kambing kendit juga sama hari Minggu itu juga,dan dilaksanakan ditempat yang berbeda yaitu di Pendopo Pasr Banjur yaitu Bale Kambang .

        Rangkaian acara berikutnya adalah Pagelaran Wayang kulit Semalam Suntuk oleh Kidalang Sunarpo Guno Prayitno dari Grabag Purworejo dengan menagambil Lakon Sesaji Raja Suya.

          Acara ini mengundang Bupati Kebumen,Forkopimcam,21 Kepaladesa SeKecamatan Buluspesantren dan sebagian desa Tetangga dari Kecamatan Ambal yaitu Kepala DesaGondnglegi ,Entak,Plempukan Kembaran,Kenoyo Jayan ,Petangkuran dll.

           Adapun hadir dari Kecamatan Buluspesantren adalah Kepala Desa Jogopaten ,Ampih ,Indrosari,Buluspesantren,Banjurmukadan,Waluyo,Bocor,Brecong,Setrojenar dan tampak hadir beberapa orang Sekretaris Desa Perwakilan dari Kepala Desa yang tidak bisa hadir.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter