Minggu, 29 September 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG WEBSITE DESA BANJURPASAR KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

CARA DAFTAR DTKS

CARA DAFTAR DTKS

 Cara daftar dalam DTKS Kemensos:

Masyarakat (fakir miskin) mendaftarkan diri ke desa/kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK. Selanjutnya akan dilakukan musyawarah di tingkat desa/kelurahan untuk membahas kondisi warga yang layak masuk ke dalam DTKS Hasilnya akan ditampilkan dalam Berita Acara yang ditandatangani oleh kepala desa/lurah dan perangkat desa lainnya Berita Acara kemudian digunakan oleh dinas sosial untuk melakukan verifikasi dan validasi data dengan instrumen lengkap melalui kunjungan rumah tangga Data yang telah diverifikasi dan validasi kemudian diinput di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) oleh operator desa/kecamatan Data yang sudah diinput di SIKS akan diproses oleh dinas sosial untuk verifikasi dan validasi lapor kepada bupati/wali kota Bupati/wali kota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data yang telah disahkan kepada gubernur untuk diteruskan kepada Menteri


Berikut cara daftar DTKS online dengan mudah dan praktis:

1. Siapkan perangkat seluler anda (HP) dan pastikan telah terhubung dengan koneksi internet

2. Buka Playstore (pengguna android), dan ketik pada pencarian 'Aplikasi Cek Bansos'. Kemudian download aplikasi tersebut.

3. Setelah aplikasi ter-install, buka aplikasi dan klik pada 'Buat Akun Baru'

4. Isi data diri anda dari Nomor Kartu Keluarga, NIK, nama lengkap sesuai KTP, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, alamat sesuai KTP, dan RT/RW.

5. Kemudian, masukkan nomor ponsel yang aktif, alamat e-mail, serta Username dan Password.

. Selanjutnya, Anda harus mengunggah swafoto dengan KTP serta foto KTP Anda.

7. Klik 'Buat Akun Baru'.

8. Setelah akun Anda selesai registrasi, Anda dapat masuk ke halaman utama Aplikasi Cek Bansos. Pada halaman aplikasi, klik bagian 'Daftar Usulan'

9. Selanjutnya pilih 'Tambahkan Usulan' dan masukan data diri sesuai KTP dan KK

Cara cek tahu apakah data sudah terdaftar di DTKS

Berikut ini cara untuk mengecek apakah seseorang datanya sudah terdaftar di DTKS Kemensos:

Buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id/ Isi informasi wilayah penerima manfaat (provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan) Masukkan nama penerima manfaat sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Isi kode captcha yang ditampilkan Klik tombol "Cari Data" Hasil pencarian akan menampilkan nama penerima manfaat berdasarkan wilayah yang diinput.  Jika masyarakat terdaftar di DTKS, maka informasi mengenai bansos yang didapatkan akan muncul. Akan tetapi, jika nama tidak terdaftar, yang akan muncul adalah keterangan "Tidak Terdapat Peserta/PM". 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter