Minggu, 29 September 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG WEBSITE DESA BANJURPASAR KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

Manfaat Asam Citric Acid Untuk Ternak Sapi Yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Asam Citric Acid Untuk Ternak Sapi Yang Jarang Orang Tahu

Penyakit lato-lato adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi LSDV, yang merupakan bagian dari genus capripoxvirus dan famili poxviridae. Virus ini dapat menginfeksi hewan seperti sapi .Virus lumpy skin disease disebarkan melalui serangga penghisap darah seperti lalat, nyamuk, dan kutu spesies tertentu. Penularannya di antara hewan ternak dapat terjadi secara langsung dan tidak langsung. Penularan secara langsung terjadi jika sapi yang sehat terkena lesi kulit, air liur, darah, dan susu, oleh sapi yang terinfeksi. 

Gejala dan tanda-tanda Penyakit lato-lato

Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan pada kulit sapi, terutama pada bagian leher ,punggung dan perut .Selain benjolan, sapi yang terinfeksi juga dapat mengalami demam,kehilangan nafsu makan,lesu, dan mengalami penurunan produksi susu.

Desinfeksi Kandang dan Mandi Sapi dengan Cairan Asam:

 

Penanganan Cacar Sapi pada Anak Sapi (Pedet):

1. Anak sapi sementara dipisahkan dari induk yang sakit agar tidak tertular virus CaPV.

2. Dalam langkah penanganan ini, peternak memberikan susu sambung yang terbuat dari campuran 3 sendok makan susu skim dan 1 sachet vitamin ayam petelur (5 gram) dalam 1 liter air pada anak sapi sementara dipisah oleh induk yang sakit. Susu sambung ini diberikan sehari 2-3 kali.

4. Setelah induk sapi sembuh, anak sapi dapat digabung kembali dan menyusu pada induk sapi.

5. Dengan melakukan langkah-langkah penanganan ini secara tepat, diharapkan penyebaran cacar sapi LSD dapat ditekan dan peternak dapat mengatasi wabah ini dengan efektif dan terorganisir.

6. Mencampurkan 2 sendok makan sitrun pada 5 liter air menghasilkan cairan asam dengan pH 2-3 yang aman untuk tubuh sapi dan dapat menghancurkan virus CaPV.

7. Cairan asam ini dapat digunakan untuk desinfeksi kandang saat sapi sakit hingga minggu ketiga.

8. Mandi dan menyiram bagian tubuh sapi yang terinfeksi cacar sehari 2 kali (pagi dan sore) dengan menggunakan cairan asam ini.

9. Selain mengunakan cairan asam bisa dengan cairan Hidrogen Peroksida H2o2  . 

 

Dari pengalaman peternak manfaat pemakaian asam citric Asid atau H2o2 bisa membantu mencegah dan mengatasi penyaki lato-lato. 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter